Berita Sehat

5 Manfaat Dahsyat Menggoreng dengan Air Fryer

5 Manfaat Dahsyat Menggoreng dengan Air Fryer

5 Manfaat Dahsyat Menggoreng dengan Air Fryer

5 Manfaat Dahsyat Menggoreng dengan Air Fryer – Makanan yang mengolahnya dengan cara menggoreng memiliki rasa dan tekstur yang menggugah selera. Sayangnya, kenikmatan makanan yang memprosesnya dengan menggoreng berbanding terbalik dengan efeknya bagi kesehatan.

Pasalnya, sudah banyak penelitian yang mengaitkan penggunaan minyak untuk memasak dengan masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

Sebagai solusi untuk masalah ini, sekarang banyak produsen alat elektronik yang mulai memproduksi air fryer. Air fryer adalah alat yang memungkinkan penggorengan makanan tanpa minyak. Karenanya, alat ini tentunya menawarkan banyak kelebihan daripada menggoreng dengan minyak.

Mengkutip dari laman http://dewitogel.live/ dan Newair, inilah manfaat yang bisa kamu dapat saat menggoreng menggunakan air fryer.

1. Meningkatkan peluang kesuksesan penurunan berat badan

Asupan gorengan yang tinggi memiliki kaitan langsung dengan risiko obesitas yang lebih tinggi pula. Hal ini karena menggoreng makanan yang  cenderung mengandung tinggi lemak dan kalori.

Maka, beralih dari cara menggoreng dengan minyak biasa ke penggunaan air fryer dapat mengurangi asupan minyak tidak sehat, yang secara teratur dapat meningkatkan penurunan berat badan.

2. Lebih aman

Aktivitas menggoreng makanan, khususnya deep frying, melibatkan penggunaan wajan besar, banyak minyak, dan suhu yang sangat tinggi. Cara masak seperti ini dapat menimbulkan risiko keamanan saat memasak.

Sebaliknya, dengan menggunakan air fryer, aktivitas memasak lebih aman. Karena, meskipun menggunakan penggorengan yang  panas, tetapi tidak ada risiko minyak yang tumpah, terciprat, atau tanpa sengaja menyentuh minyak panas.

Meski demikian penggunaan air fryer tetap harus hati-hati dan patuhi instruksinya untuk memastikan keamanan penggunaannya.

3. Mengurangi risiko pembentukan akrilamida beracun

Menggoreng makanan dengan minyak dapat menyebabkan terbentuknya senyawa berbahaya seperti akrilamida. Senyawa ini terbentuk dalam makanan tertentu selama proses memasak dengan suhu tinggi, salah satunya saat menggoreng.

Menurut International Agency for Research on Cancer, akrilamida kemungkinan memiliki kaitan dengan berkembangnya beberapa jenis kanker, seperti kanker endometrium, kanker ovarium, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker esofagus.

Study dalam jurnal “Nutrition and Cancer” juga menunjukkan adanya hubungan antara akrilamida makanan dan kanker ginjal, kanker endometrium, atau kanker ovarium, meskipun hasilnya tidak pasti.

Dengan beralih dari teknik menggoreng konvensional ke air fryer, kamu tentunya dapat menurunkan risiko mendapatkan akrilamida dari makanan yang konsumsi.

4. Mengurangi risiko komplikasi penyakit akibat konsumsi gorengan

Memasak dengan minyak dan sering mengonsumsi makanan gorengan  dengan cara konvensional berhubungan dengan banyak masalah kesehatan. Dengan mengganti cara menggoreng dengan minyak ke air fryer, tentunya kamu bisa mengurangi risiko kemunculan penyakit beserta komplikasinya.

Menurut sebuah penelitian oleh Department of Nutrition di Harvard School of Public Health, konsumsi makanan yang digoreng setidaknya seminggu sekali bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Risiko akan meningkat bila jumlah gorengan yang dimakan makin banyak.

Selain itu, sebuah study dalam “American Journal of Clinical Nutrition” tahun 2014 menyebut, orang yang makan 4-6 porsi gorengan per minggu berisiko 39 persen lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2, ketimbang yang hanya makan 1 porsi per minggu.

5. Bisa menyiapkan makanan dengan cepat

Bagi kamu yang memiliki jadwal yang padat, air fryer bisa jadi alat masak yang wajib kamu miliki. Air fryer memungkinkan kamu memasak kentang atau ayam goreng hanya dalam waktu beberapa menit.

Umumnya, dengan menggunakan air fryer, kentang goreng akan siap konsumsi dalam waktu 12 menit. Itu tentu jauh lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng kentang dengan minyak biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *